Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Materi Dasar-Dasar Desain Melalui Model Pembelajaran Pakem Pada Kelas X SMK Negeri 58 Jakarta Timur

Authors

  • Solikin Marsana Guru SMK Negeri 58 Jakarta Timur

Keywords:

prestasi siswa, dasar-dasar desain, model pembelajaran

Abstract

Berdasarkan rumusan masalah: (1) Bagaimanakah proses pembelajaran melalui metode PAKEM siswa kelas  X SMK Negeri 58 Jakarta Timur  pada materi dasar-dasar desain? (2) Bagaimanakah peningkatan pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 58 Jakarta Timur  pada materi dasar-dasar desain? (3) Bagaimanakah peningkatan kreativitas siswa kelas X SMK Negeri 58 Jakarta Timur  melalui metode PAKEM? (4) Bagaimanakah respon siswa terhadap metode PAKEM kelas X SMK Negeri 58 Jakarta Timur  ?, serta tujuan penelitian (1) Meningkatkan keaktifan kreatif peserta didik dalam proses pembelajaran tentang materi dasar-dasar desain. (2) Meningkatkan keberanian peserta didik dalam mewujudkan dan menjawab pertanyaan. (3) Meningkatkan keterampilan peserta didik tentang dasar-dasar desain. Pada mata pelajaran dasar-dasar desain terjadi peningkatan pula. Perolehan persentase pada siklus I, yakni 60,17%, meningkat menjadi 72,17%. Peneliti/guru tetap memfokuskan pada upaya penanggulangan kendala-kendala yang selama ini menjadi kelemahan proses pembelajaran, yakni dengan cara menjelaskan materi pelajaran secara bertahap dan tidak perlu terlalu cepat, memancing perhatian peserta didik pada pelajaran dengan menerapkan metode penyampaian yang variatif, memancing daya imajinasi peserta didik dengan media gambar memahami dasar desain..Lebih jauh lagi, diupayakan pula peningkatan kemampuan peserta didik yang rendah yang selama ini menjadi salah satu kendala. Pada akhirnya, kerja keras ini mendapat hasilnya dengan perolehan persentase 82% pada siklus III sebagai siklus pamungkas. Perubahan yang terjadi dalam proses dan hasil pembelajaran sebenarnya berpangkal dari usaha guru untuk melakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran dan kemauan untuk melaksanakan prosedur pembelajaran dengan benar. Langkah-langkah pembelajaran yang disusun pada rencana pembelajaran merupakan gambaran yang jelas dari skenario pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelasnya.

Downloads

Published

2020-06-17

How to Cite

Marsana, S. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Materi Dasar-Dasar Desain Melalui Model Pembelajaran Pakem Pada Kelas X SMK Negeri 58 Jakarta Timur. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 9(1), 26-33. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/67