Metode Role Play Dalam Upaya Memahami Pembelajaran Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VI SDN Pesanggrahan 10 Pagi

Authors

  • Siti Nurul Haryatiningsih Guru SDN Pesanggrahan 10 PAGI

Keywords:

Metode Role Play, Diskusi, Penguasaan Konsep, PKn, SD

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat menghasilkan manusia Indonesia seutuhnya, sehingga menumbuhkan dan memiliki mental yang baik untuk dapat melaksanakan kegiatan pembangunan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktifitas belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa Kelas VI SDN Pesanggrahan 10  Pagi dengan menggunakan metode Role Play dan diskusi.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas VI SD N Pesanggrahan 10  Pagi pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Jumlah siswa ada 31 Anak. Hasil evaluasi menunjukkan terdapat kenaikan yang tuntas belajar (65,71%) pada pra tindakan menjadi (77,14%) pada siklus I dan menjadi (85,71%) pada siklus II. Sedangkan yang belum tuntas belajar mengalami pemunan (34,29%) pada pra tindakan menjadi (22,86%) pada siklus I, dan menjadi (14,29%) pada siklus II.

Hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa "jika metode Role Play dan diskusi digunakan, maka penguasaan konsep pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa Kelas VI SDN Pesanggrahan 10  Pagi akan meningkat",

Penelitian ini juga memberikan rekomendasi kepada para guru agar semakin aktif dan kreatif dalam memilih metode dalam kegiatan belajar mengajar agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kepada Kepala Sekolah hendaknya dapat mengambil kebijakan tentang perlunya melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi setiap guru, agar motivasi belajar siswa juga semakin meningkat. Selain itu Kepala Sekolah hendaknya dapat mengusahakan agar ketersediaan sarana bagi para guru dalam melaksanakan PTK terus ditingkatkan.

Downloads

Published

2019-10-17

How to Cite

Haryatiningsih, S. N. (2019). Metode Role Play Dalam Upaya Memahami Pembelajaran Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VI SDN Pesanggrahan 10 Pagi . Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 8(2), 71-84. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/62