Pelaksanaan Workshop Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pemahaman Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Di SD Negeri Sukabumi Selatan 05 Pagi

Authors

  • Merry Herlina Kepala Sekolah SD Negeri Sukabumi Selatan 05 Pagi

Keywords:

workshop, peningkatan kinerja guru, kriteriaketuntasan minimal (KKM), SD

Abstract

Tidak  semua  tugas  mendidik  dapat  dilaksanakan  oleh  orang  tua  dalam  keluarga  terutama  dalam  hal  ilmu  pengetahuan  dan  berbagai  macam  ilmu pengetahuan.  Oleh  karena  itu  dikirimlah  anak  ke  sekolah.  Dengan  demikian, sebenarnya pendidikan di sekolah adalah bagian dari pendidikan dalam keluarga yang sekaligus  merupakan  lanjutan  dari  pendidikan  keluarga. 

Mutu pembelajaran sekolah dapat teridentifikasi dengan keberadaan KKM, di mana penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan tahapan awal pelaksanaan penilaian hasil belajar  sebagai bagian dari langkah pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). KTSP ini sendiri  yang merupakan menggunakan acuan kriteria dalam penilaian, mengharuskan pendidik dan satuan pendidikan menetapkan KKM dengan  analisis dan memperhatikan mekanisme, yaitu prinsip dan langkah-langkah penetapan.

Karena berdasarkan uraian di atas, maka peneliti berupaya melakukan penelitian tindakan sekolah dengan meninjau atas pelaksanaan workshop dalam menetapkan KKM yang telah dilakukan di SDN Sukabumi Selatan 05. Tentu saja hal tersebut guna meninjau bagaimana guru-guru yang merupakan elemen penting dalam kinerja sekolah untuk meningkatkan prestasi secara bersamaan mengetahui bagaimana metode dalam menetapkan KKM.

Downloads

Published

2020-09-16 — Updated on 2021-07-03

Versions

How to Cite

Herlina, M. (2021). Pelaksanaan Workshop Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pemahaman Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Di SD Negeri Sukabumi Selatan 05 Pagi . Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 8(1), 43-54. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/59 (Original work published September 16, 2020)