Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas V SD Negeri Petukangan Selatan 03 Jakarta Selatan
Keywords:
hasil belajar, operasi penjumlahan, bilangan bulat, kontekstual, SD, MatematikaAbstract
Sekolah sebagai tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar diharapkan mampu melakukan perbaikan dan perubahan, agar pandangan mengenai matematika sebagai pelajaran yang sulit dan pelajaran yang tidak menyenangkan dapat dirubah. Selaku guru pendidik, guru mempunyai tanggung jawab dalam penyelesaian masalah tersebut.
Guru sebagai arsitek pengembang kompetensi siswa harus memiliki strategi untuk mengoptimalkan kompetensi siswa dengan memperhitungkan faktor internal dan eksternal siswa tersebut. Berdasarkan pengamatan penulis di Kelas V SDN Petukangan Selatan 03 Jakarta, dapat diketahui bahwa guru masih menggunakan pendekatan konvensional dalam memberikan materi pelajaran matematika.
Dampak nilai Ulangan Tengah Semester I Kelas V Tahun Pelajaran 2014/2015 untuk pelajaran matematika dengan standar ketuntasan belajar 5,2 adalah 43% atau tujuh belas siswa mendapat nilai antara 35 – 69, sebanyak 38% atau lima belas siswa berhasil meraih nilai antara 70 – 85 dan hanya 18% atau tujuh orang siswa yang berhasil meraih nilai antara 85 – 100 dari jumlah murid seluruhnya tiga puluh sembilan siswa.
Penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam proses belajar mengajar matematika, terutama dalam hal bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, kemudian dapat dilihat “Apakah pembelajaran melalui model kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika? Apabila siswa tertarik untuk belajar matematika diharapkan hasil belajar dapat meningkat, sehingga dapat tercipta sumber daya manusia yang handal dapat dipergunakan dalam kehidupan sehari – hari dan dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.
Downloads
Published
Versions
- 2019-06-05 (2)
- 2020-09-16 (1)