Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Inkuiri Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Kesebangunan Pada Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 3 Jakarta Selatan

Authors

  • Herru Trihandaka Guru Matematika SMP Negeri 3 Jakarta Selatan

Keywords:

Penerapan metode inquiri, aktivitas dan prestasi belajar

Abstract

Pembelajaran yang baik dan berkualitas adalah pembelajaran yang menggunakan metode dengan tepat dan mampu berinteraksi disaat pembelajaran berlangsung. Salah satu pembelajaran dimaksud adalah pembelajaran dengan penerapan metode inquiri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah metode inquiri pada pembelajaran materi pokok kesebangunan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Kelas IX Semester-1 SMP Negeri 3  Jakarta Selatan tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa yang dijadikan sampel sebanyak 22 orang dari jumlah siswa keseluruhan dalam kelas sebanyak 36. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap observasi, tahap evaluasi, dan tahap repleksi. Intrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk memperoleh gambaran langsung tentang aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode inquiri dan prestasi belajar siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Jakarta Selatan materi kesebangunan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiri pada pembelajaran materi pokok kesebangunan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Kelas IX Semester-1 SMP Negeri 3  Jakarta Selatan tahun pelajaran 2013-2014. Hal ini terlihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan hasil evaluasi belajar siswa yang mana dari jumlah 22 siswa yang mendapat nilai > 65 sebanyak 20 siswa.

Downloads

Published

2020-09-16 — Updated on 2019-06-05

Versions

How to Cite

Trihandaka, H. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Inkuiri Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Kesebangunan Pada Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 3 Jakarta Selatan . Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 8(1), 15-20. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/56 (Original work published September 16, 2020)