Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Kemagnetan Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Dan Demonstrasi Peserta Didik Kelas IX-2 SMP Negeri 185 Jakarta
Keywords:
Hasil Belajar, Metode Jigsaw, Demonstrasi, IPA, SMPAbstract
Pemahaman peserta didik kelas IX-2 tentang Kemagnetan masih rendah. Hal tersebut disebabkan kurangnya semangat peserta didik dalam proses belajar mengajar akibat dari proses pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX-2 tentang Kemagnetan dengan metode Jigsaw dan Demonstrasi.
Penelitian dilakukan di kelas IX-2 SMP Negeri 185 Jakarta selama 3 bulan mulai bulan Januari sampai Maret 2014. Metode yang digunakan adalah Jigsawdan Demonstrasi terdiri dari 3 siklus masing-masing 3 pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis.
Pada siklus I, proses pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsawdan Demonstrasi belum berjalan efektif dan perolehan nilai tes masih kurang dari yang diharapkan karena peserta didik benar-benar belum memahami proses pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsawdan Demonstrasi dimana setiap peserta didik mempunyai tanggung jawab penuh terhadap materi pelajaran yang harus disampaikan kepada kelompoknya dengan cara demonstrasi. Sehingga pada siklus II peserta didik diberi penjelasan lagi mengenai tanggung jawab peranannya dalam proses pembelajaran. Kemudian pada Siklus III kekurangan-kekurangan harus diperbaiki lagi. Dengan demikian proses pembelajaran dapat berlangsung efektif dan perolehan nilai tes meningkat.
Temuan dalam penelitian ini : 1. Peserta didik dituntut untuk mempelajari materi secara tuntas, 2. Peserta didik harus dapat menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik lain, 3. Sebagian peserta didik menerima pembelajaran menggunakan metode Jigsaw dan demonstrasi, 4. Nilai tes meningkat, hal ini terlihat dari hasil tes Siklus I nilai rata-rata 61,76, Siklus II nilai rata-rata 67,71, dan Siklus III nilai rata-rata 71,71.
Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode Jigsawdan Demonstrasi pada kelas IX-2 dapat meningkatkan nilai tes.
References
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Arthur K.Ellis. 1998. Teaching and Learning Elementary Social Studies. Amerika Serikat : Allyn dan Bacon.
Crain, W. 2007Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Darsono M. 2007. Belajar dan Pembelajaran, Semarang : IKIP Semarang Press.
Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta.
Gagne R.M. 1977. The Conditions Of Learnin. New York : Holt, Rinehart and Winston.
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Bumi Aksara.
Hernowo. 2007. Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar Secara Menyenangkan. Bandung : Mizan Learning Center.
http//sunartombs. wordpress.com
Ibrahim dan Nana Syaodih. 2000. Perencanaan Pengajaran, Jakarta : Rineka Cipta.
Imron, Ali. 1996. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Pustaka Jaya.
Kauchak P. D. Eggen. 1996. Educational Psychology, Pearson Education Inc.
Lyman Howard B. 1991. Test Scores and What They Mean Fifth Edition, Boston : Allyn and Bacon.
Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional. Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim. 1995. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Jakarta : PT. Rosda Karya.
Roestiyah N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. 2001. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sarnoto, Ahmad Zain. 2012a. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam.” Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya 1(2):41–50.
Sarnoto, Ahmad Zain. 2012b. “Konsepsi Pendidik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an.” Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan 1(2):1–7.
Sarnoto, Ahmad Zain. 2015. “Teori Belajar Kognitif Perspektif Al-Qur’an.” Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan 4(2):1–10.
Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru.
Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Sudjana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sobri M. Sutikno. 2009. Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil, Bandung : Prospect.
Suhardjono. 2009. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang : Cakrawala Indonesia LP3 Universitas Negeri Malang.
Winarno Surakhmad, Pengantar Interaksi Mengajar Belajar (Dasar Dan Teknik Metodologi Pengajaran). Bandung: Tarsito.