Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menemukan pokok-pokok Berita Dengan Unsur 5W+1H Melalui Metode Cooperative iIntergreted Reading Composition (CIRC) Pada Peserta Didik Kelas VIII-3 SMP Negeri 39 Jakarta

Authors

  • musinah SMPN 39 Jakarta

Keywords:

Hasil Belajar, Membaca Bahasa Indonesia, Menemukan pokok-pokok berita, Unsur 5W 1H

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian tindakan kelas adalah masih rendahnya hasil dan minat belajar peserta didik kelas VIII-3 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok bahasan menemukan pokok-pokok berita. Pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian kami lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran baik itu pada hasil maupun prosesnya. Penerapan metode cooperative integreted reading composition (CIRC) dianggap sesuai untuk engatasi permasalahan tersebut, Karena pada pembelajaran ini peserta didik ikut berperan aktif dalam kelompok dan mampu manyampaikan pendapat-pendapatnya serta mempresentasikan hasil kegiatan diskusi tanpa ada rasa takut. Penelitain ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitain dilakukan dalam dua siklus, yakni siklus I tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan. Setelah diberikan pemblajaran melalui metode cooperative integreted reading composition (CIRC), hasil dan motivasi belajar peserta didik, hasil dan motivasi peserta didik menunjukkan adanya peningkatan, yakni dari hasil belajar rata-rata pada sikus I sebesar 65% meningkat pada siklus II menjadi 80% (ada kenaikan sebesar 15 point), ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II menigkat 64,3% yaitu 30% pada siklus I menjadi 94,3% pada siklus II. Minat belajar peserta didik dari prasiklus ke pascasiklus juga mengalami peningkatan yang diikuti dengan peningkatan tanggapan peserta didik menyenangi pebelajaran melalui metode cooperative integreted reading composition (CIRC) sebesar 26,29 point, yaitu pada prasiklus 65,14% meningkat menjadi 91,43% pada pascasiklus.

References

Djamarah 2000. Strategi Belajar Mengajar, rineka Cipta, Jakarta

Eggen dan Kauchak (Sunaryo). 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

http://wapikweb.org/article/detail/pembelajaran-bahasaindonesia-menulis-teks-berita-AA-00551.php (unduh 12/22/2013.14:57)

Joyce, B. & Weil, M. 1982. Models of Teaching, Englewood Cliffs, New Jersey, Prentice-Hill, Inc.

Kemmis dan Teggart. 1988. The Action Research Planner. Deakin Univercity

Lado, R. 1964 Language Teaching a Scientific Approach, Bombay-New Delhi, McGraw-Hill Publishing Co.Ltd

Lubis, M. 1963. Pers dan Wartawan, Cetakan ke-3, Balai Pustaka, Jakarta

Rusyana (1998) http://catatansieviy.blogspot.com/2013/04/keterampilan-menulis-di-sd.html. di Akses November 2013 Supriadi. dkk. (1992).Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sarnoto, Ahmad Zain. 2012. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam.” Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya 1(2):41–50.

Sarnoto, Ahmad Zain. 2017a. “Aspek Kemanusiaan Dalam Pembelajaran Humanistik Pada Anak Usia Dini.” Profesi 6(1):108–14.

Sarnoto, Ahmad Zain. 2017b. “Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam.” Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya 6(2):1–10.

Tarigan , Henry G. (1986) Menulis Sebagai Suatu Keterapilan Berbahasa, Bandung: Angkasa

Downloads

Published

2018-07-15

How to Cite

musinah, M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menemukan pokok-pokok Berita Dengan Unsur 5W+1H Melalui Metode Cooperative iIntergreted Reading Composition (CIRC) Pada Peserta Didik Kelas VIII-3 SMP Negeri 39 Jakarta. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 7(1), 12-23. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/46