IMPLEMENTASI MODEL ASYIK DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TKIT AL ADZKIYA BEKASI

Authors

  • Ahmad Syukron STIT Nusantara Bekasi

Keywords:

Model ASYIK, keterampilan sosial-emosional, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Model ASYIK dalam mengembangkan keterampilan sosial-emosional anak usia dini di TKIT Al-Adzkiya Bekasi. Model ASYIK (Aman, Senang, Yakin, Inovatif dan Kreatif) merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada aspek keamanan, keseruan, dan kepercayaan diri anak dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 20 anak usia 4-6 tahun, 4 guru, dan kepala sekolah TKIT Al-Adzkiya Bekasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Model ASYIK yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, berhasil meningkatkan keterampilan sosial-emosional anak. Peningkatan terlihat pada aspek kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, dan kemampuan membina hubungan. Faktor pendukung utama adalah komitmen guru dan keterlibatan orang tua, sementara faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu dan variasi kemampuan anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Model ASYIK efektif dalam mengembangkan keterampilan sosial-emosional anak usia dini dan merekomendasikan penerapannya di lembaga PAUD lainnya dengan penyesuaian kontekstual.

Downloads

Published

2024-07-05 — Updated on 2024-07-10

Versions

How to Cite

Syukron, A. . (2024). IMPLEMENTASI MODEL ASYIK DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TKIT AL ADZKIYA BEKASI. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 14(1), 41-48. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/327 (Original work published July 5, 2024)