KECERDASAN EMOSIONAL DAN SUASANA HATI PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Lia Muhsinah Mahasiswa Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta

Keywords:

EmosiEmosi dan suasana hati,, Pendidik, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini membahas tentang emosi yang merupakan suatu konsep yang sangat majemuk, beberapa ahli menjelaskan pengertian emosi dalam berbagai definisi. Sejalan dengan usianya, emosi seorang individu akan terus berkembang. Proses pembentukan melewati setiap fase perkembangan, yang didukung oleh faktor eksternal maupun faktor internal. Faktor internal misalnya usia, lingkungan, dan keluarga. Sedangkan faktor eksternal seperti teman sebaya, lingkungan dan masyarakat. Kecerdasan emosional diyakini mampu mengungguli kecerdasan intelektual. Seseorang yang mampu mengelola emosinya dengan baik, akan lebih mudah untuk mempengaruhi orang lain serta mendapatkan tempat untuk berkomunikasi dengan baik. Fungsi pendidik atau guru dalam membentuk dan mengubah tingkah laku siswa ke arah yang lebih baik sejatinya didukung oleh kemampuan guru menciptakan suasana yang dapat menghasilkan perubahan tingkah laku tersebut. Sikap yang ditunjukkan oleh seorang guru dapat mempengaruhi cara pembelajaran dan karir siswa di masa depan. Dalam mensukseskan pendidikan, guru berperan sebagai contoh ataupun role model, guru sebagai pembentuk akhlak yang baik, dan guru sebagai pakar dalam mata pelajaran yang mereka ajarkan. Guru tidak hanya dituntut untuk cerdas secara kognitif, namun harus cerdas dalam mengelola emosi dan suasana hati. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan individu untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan dengan orang, dalam hal ini ketika berinteraksi dan berkomunikasi dengan peserta didik.

Downloads

Published

2023-03-10

How to Cite

Muhsinah, L. (2023). KECERDASAN EMOSIONAL DAN SUASANA HATI PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 12(1), 50-63. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/305