TELAAH RUANG LITERASI DIGITAL SISWA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Robiatul Adawiyah Mahasiswa Pascasarjana Universitas PTIQ Jakarta

Keywords:

Kompetensi Guru, Determinasi, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan literasi digital serta kemampuan literasi digital siswa pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP) di beberapa sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research), yaitu melalui analisis deskriptif dengan cara mengumpulkan data, mengklarifikasi, menyusun dan menginterpretasikannya sehingga menunjukkan hasil yang didapat. Beragam buku, jurnal penelitian dan literasi lain yang berkaitan menjadi sumber untuk peneliti kaji, teliti dan juga analisa. Adapun hasil dari penilitian ini menerangkan bahwa aktifitas literasi digital siswa dapat diterapkan di dalam program-program sekolah, kegiatan-kegiatan sekolah dan juga di dalam pembelajaran. Tidak hanya pada pelajaran yang menggunakan alat dan media teknologi seperti TIK, namun dalam semua pelajaran pun literasi digital dapat diterapkan. Kegiatan literasi digital yang konsisten dilakukan di sekolah dengan pengawasan dan pendampingan dari guru ataupun di rumah dengan kontrol orangtua, membuat siswa semakin cerdas, kreatif dan bijak dalam menggunakan, memanfaatkan dan mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi digital saat ini, serta menjadi bekal dasar juga bagi siswa agar mampu menghadapi tantangan zaman kedepan yang semakin canggih

Downloads

Published

2023-11-03

How to Cite

Adawiyah, R. . (2023). TELAAH RUANG LITERASI DIGITAL SISWA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 65-80. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/304