MODEL PEMBELAJARAN TILAWAH BERBASIS TALAQQI DAN MUSYAFAHAH DALAM PENGEMBANGAN BAKAT SENI BACA AL-QUR’AN SANTRI SEKOLAH TILAWAH AL-QUR’AN BANJARMASIN
Keywords:
Pembelajaran tilawah, talaqqi dan musyafahah,, seni baca Al-Qur’anAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Sumber utama penelitian ini yakni observasi lapangan dan dokumentasi tertulis berupa modul pembelajaran tilawah full day. Selanjutnya untuk memperoleh sejumlah data yakni dilakukan dengan wawancara mendalam tak terstruktur. penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran tilawah berbasis talaqqi dan musyafahah mampu meningkatkan bakat seni baca Al-Qur’an pada santri sekolah tilawah Al-Qur’an. Model pembelajaran tilawah berbasis talaqqi dan musyafahah ini diterapkan pada program tilawah full day. Program pertama yang mengajarkan cara bertilawah dasar dalam waktu 4 bulan dan diajarkan oleh guru-guru yang professional dibidangnya. Pada program ini juga diajarkan teknik-teknik yang menunjang pembelajaran tilawah seperti teknik olah vokal, teknik pernafasan dan sebagainya. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa bakat adalah kemampuan yang akan terealisasi menjadi kecakapan nyata sesudah melalui proses belajar atau berlatih. Sejalan dengan teori bakat menurut Hilgard: “the capacity to learn” atau kemampuan untuk belajar