IMPLEMENTASI PENAMAMAN MORAL AGAMA UNTUK ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKSIF AGAMA ISLAM TK ISLAM AR-RIFKI

Authors

  • Hariyah SMP Negeri 289 Jakarta
  • Dendi Ibnu Ramadhan TPQ AL-Habi Gandaria
  • Lilis Febrianti TK Islam Ar-Rifqi

DOI:

https://doi.org/10.54976/jp.v10i2.228

Keywords:

Moral religion, Early childhood, Education

References

Arifin, B. (1996). Pelembagaan hukum Islam di Indonesia: akar sejarah, hambatan, dan prospeknya. Jakarta: Gema Insani.

Azizy, A. Q. A. (2002). Eklektisisme hukum nasional: kompetisi antara hukum Islam dan hukum umum. Yogyakarta: Gama Media.

Chiba, M. (1993). Legal pluralism in Sri Lankan society: Toward a general theory of non-western law. The Journal of Legal Pluralism and Unofficial Law, 25(33), 197212.

Faz, A. T. (2007). Titik Ba: Paradigma Revolusioner dalam Kehidupan dan Pembelajaran. Bandung: Mizan Pustaka.

Galanter, M. (1981). Justice in many rooms: Courts, private ordering, and indigenous law. The Journal of Legal Pluralism and Unofficial Law, 13(19), 147.

Hazairin. (1963). Hukum Islam dan Masyarakat. Jakarta: Bulan Bintang.

Ichtijanto, H. (1994). Pengembangan Teori Berlakunya Hukum Islam di Indonesia.

dalam Juhaya S. Praja (editor), Hukum Islam di Indonesia: Perkembangan dan Pembentukan. Jakarta: Remaja Rosdakarya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lukito, R. (1997). The Role of Custom in the Formation of Islamic Law. McGill Journal of Middle Eastern Studies, 5, 531.

Lukito, R. (2008). Hukum Sakral dan Hukum Sekuler: Studi tentang Konflik dan

Resolusi dalam Sistem Hukum Indonesia, cet-1. Tanggerang: Pustaka Alvabet. Jakarta.

Majid, N. (2004). Fiqih lintas agama: membangun masyarakat inklusif-pluralis. (M. Sirry, Ed.). Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina bekerjasama dengan the Asia Foundation.

Makin, A. (2015). Antara Barat dan Timur: Batasan, Dominasi, Relasi, dan Globalisasi. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Najib, A. M. (2011). Pengembangan metodologi fikih Indonesia dan kontribusinya bagi pembentukan hukum nasional. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Nurlaelawati, E. (2010). Modernization, tradition and identity: The Kompilasi Hukum Islam and legal practice in the Indonesian religious courts (Vol. 4). Amsterdam University Press.

Sarnoto, A. Z. (2016a). Keluarga Dan Peranannya Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 5(1), 48–58.

Sarnoto, A. Z. (2021a). Metode Komunikasi Yang Ideal Dalam Pendidikan Keluarga Menurut Al-Quran. 9(1), 105–115. https://doi.org/doi.org/10.36052/andragogi.v9i1.230

Sarnoto, A. Z. (2021b). Psikologi perkembangan anak usia dini perspektif Al-Qur’an. Bekasi: Faza Amanah.

Sarnoto, A. Z. (2016b). Profesionalisme guru Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional: PERAN PENGASUHAN ANAK RA DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA, 89–98. http://repository.uinbanten.ac.id/1420/11/11 - Prosiding PGRA - Ahmad Zain Sarnoto.pdf

Sarnoto, A. Z., & Budiyanti, E. (2021). Karakteristik Model Quantum Learning dalam Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 65–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v6i1.4273

Shunhaji, A., Sarnoto, A. Z., & Budiyanti, E. (2019). MODEL MENGAJAR PENDIDIK ANAK USIA DINI PADA RA BAIT QUR’ANY AT-TAFKIR TANGERANG SELATAN. Madani Institute, 8(1), 51–64. https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/7

Shunhaji, A., Sarnoto, A. Z., & Taufikurrahman, I. (2019). Implementasi Kebijakan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di MI Tarbiyatul Islamiyah Jakarta Selatan. Alim | Journal of Islamic Education, 1(2), 251–276. https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.140

Setiawan, M. N. (2007). Tafsir Mazhab Indonesia. Yogyakarta: Nawesea Press.

Syiddieqy, M. H. A. (1961). Sjari'at Islam mendjawab tantangan zaman. Yogyakarta: Bulan Bintang.

Sjadzali, M. (1993). Islam: Realitas baru dan orientasi masa depan bangsa. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Supriyadi, D. (2007). Sejarah hukum Islam: dari kawasan jazirah Arab sampai Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Wahyudi, Y. (2006). Ushul fikih versus hermeneutika: membaca Islam dari Kanada dan Amerika. Yogyakarta: Pesantren Nawasea Press.

Wahyudi, Y. (2007a). Dinamika politik: kembali kepada al-Quran dan sunnah di Mesir, Maroko, dan Indonesia. Yogyakarta: Pesantren Nawasea Press.

Wahyudi, Y. (2007b). Hasbis theory of ijtihad in the context of Indonesian fiqh. Yogyakarta: Pesantren Nawasea Press.

Wahyudi, Y. (2014). Dari McGill ke Oxford Bersama Ali Shariati dan Bint al- Shati. Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press

Downloads

Published

2021-11-18

How to Cite

Hariyah, Ramadhan, D. I., & Lilis Febrianti. (2021). IMPLEMENTASI PENAMAMAN MORAL AGAMA UNTUK ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKSIF AGAMA ISLAM TK ISLAM AR-RIFKI. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 107-113. https://doi.org/10.54976/jp.v10i2.228