UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DENGAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS X-AK1 SMK NEGERI 51 JAKARTA TIMUR

Authors

  • Maryanti Nainggolan SMK Negeri 51 Jakarta Timur

Keywords:

Hasil Belajar, Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pelaksanaan kegiatan Belajar Mengajar yang tradisional/konvensional. Sistim ini hanya menekankan pendekatan pengajaran konfensional dan Transfer Pengetahuan sehingga banyak siswa yang merasa jenuh dan tidak tertarik pada pelajaran PKn.  Kondisi seperti ini jelas berakibat pada prestasi belajar siswa pada pelajaran PKn yang rendah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus selama 3 bulan.  Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran PKn, seluruh siswa kelas VII-5 Tahun Pelajaran 2015-2016 sekaligus sebagai sumber data. Tujuan Penelitian adalah untuk mengembangkan Model dan Metode pembelajaran yang  lebih tepat dalam proses pembelajaran agar siswa dapat menguasai materi yang disampaikan oleh guru.  Selain itu untuk memperbaiki dan meningkatkan PBM. Manfaat penelitian ini terbagi 2 aspek yaitu : (1) Aspek Akademis dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan suatu metode dan model pembejaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di era informasi dan globalisasi.  (2) Aspek Praktis dapat dimanfaatkan oleh guru Pengetahuan Sosial khususnya PKn  untuk berkreasi dan berinovasi dalam dunia pendidikan dengan memerapkan model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum. Hasil penelitian menujukan bahwa  dengan menerapkan pendekatan Cooperative  Integrated Reading and composition  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn  dan meningkatkan aktifitas belajar siswa serta dapat membangkitkan interaksi siswa dalam proses pembelajaran.  Hasil belajar siswa mengalami peningkatan ketuntasan belajar siklus 1 , 2, dan 3 yaitu 77,5 %, 82,5 % dan 100%.Dengan pendekatan ini dapat mengatasi siswa yang lambat belajar sehingga mereka dapat berinteraksi dan dapat bekerjasama dengan siswa-siswa yang lainnya. Dengan demikian tujuan pembelajaran yang dirancang   guru dapat tercapai.

Dalam penelitian ini peneliti menyarankan agar setiap kegiatan dan langkah guru dalam proses pembelajaran dapat menerapkan model-model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat siswa khususnya pendekatan  Cooperative  Integreted Reading and Composition (CIRC)

Downloads

Published

2018-10-15

How to Cite

Maryanti Nainggolan. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DENGAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS X-AK1 SMK NEGERI 51 JAKARTA TIMUR. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 7(2), 100-111. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/218