PENGARUH METODE BELAJAR AKTIF MODEL PENGAJARAN TERARAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI DAN PEMAHAMAN PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DUREN TIGA 01 PAGI
Keywords:
IPS, Metode Belajar Aktif, Model Pengajaran TerarahAbstract
Ada kecenderungan dalam dunia pendidikan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak “mengalami” sendiri apa yang dipelajarinya, bukan ‘mengetahui’-nya. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi ‘mengingat’ jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangkan panjang. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar IPS dengan diterapkannya metode belajar aktif model pengajaran terarah? (b) Bagaimanakah pengaruh metode belajar aktif model pengajaran terarah terhadap motivasi belajar?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS setelah diterapkannya metode belajar aktif model pengajaran terarah.(b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar IPS setelah diterapkan metode belajar aktif model pengajaran terarah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setian putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Duren Tiga 01 Pagi . Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar
.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode belajar aktif model pengajaran terarah dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas IV SDN Duren Tiga 01 Pagi, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPS
References
Arikunto, E. a. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
B.Uno, H., & Mohamad, N. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Habiburrahmanuddin, N. (2016). Sebuah Pembelajaran Dalam Setiap Aktifitas Anak. At-Tafkir Press.
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Grafika Pers. http://grafikapers.press/
Sarnoto, A. Z. (2012). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 1(2), 41–50. https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/191
Sarnoto, A. Z. (2015). Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jurnal Profesi, 4(1), 88–92. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/143
Sarnoto, A. Z. (2017). Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan. Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 6(2). https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/45
Sarnoto, A. Z. (2016). Profesionalisme guru Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional: PERAN PENGASUHAN ANAK RA DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA, 89–98. http://repository.uinbanten.ac.id/1420/11/11 - Prosiding PGRA - Ahmad Zain Sarnoto.pdf
Sarnoto, A. Z., & Suryanto, D. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Siswa. Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 6(2), 43–56. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi
Slameto. (2011). Model PAIKEM. Semarang: UNNES.
Tabamat, M. (2005). KBM dengan pendekatan PAIKEM. Palu: Dinas Pendidikan Pengajaran Sulawesi Tengah.