GURU DAN PERANNYA DALAM MENCEGAH DAMPAK NEGATIF TV TERHADAP PRILAKU DAN BAHASA BAGI ANAK USIA DINI
Keywords:
Guru, Peranan, Dampak Negatif TVAbstract
Penelitian ini bertjuan untuk meneliti bagaimana peranan guru dalam mencegah dampak negatif media siaran televisi terhadap perilaku dan bahasa bagi anak usia 4-6 tahun di TK Pilar Bekasi. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriftif dan studi kasus yaitu dengan cara mengumpulkan data dengan apa yang ada saat penelitian berlangsung. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan dan mengolah data yang sifatnya deskriftif yang dihasilkan dari wawancara, pengamatan dan catatan langsung (observasi), pengisian angket oleh orang tua dan pengisian tes personality plus oleh guru. Penelitian dilaksanakan di dalam kelas dengan melihat proses pembelajaran yang sedang berlangsung, kemudian wawancara anak didik dan orang tua didik.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, hasilnya adalah bahwa kualitas guru memegang peranan yang sangat penting dalam mencegah dampak negatif media siaran televisi terhadap perilaku dan bahasa bagi anak usia 4-6 tahun. Dan dalam hal ini tak lepas dari kerjasama dan kedisiplinan orang tua dalam mengawasi, mendampingi dan mengontrol anak- anak dalam menonton siaran televisi dan dengan waktu yang terjadwal