UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI PERMAINAN BOLA BESAR FUTSAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DRILL PADA SISWA KELAS XII-DPKT-2 SMK NEGERI 58 JAKARTA TIMUR

Authors

  • Didin Bahrudin SMK Negeri 58 Jakarta Timur

Keywords:

HASIL BELAJAR, MATERI PERMAINAN, BOLA BESAR FUTSAL

Abstract

Berdasarkan rumusan masalah: Bagaimana meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada materi futsal dengan menggunakan pendekatan pembelajaran driil pada kelas XII-DPKT-2 SMK Negeri 58 Jakarta Timur?. Memiliki tujuan penelitian : (1) Mendeskripsikan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan materi futsal yang menggunakan pendekatan pembelajaran driil dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. (2) Menganalisis dampak penggunaan pendekatan pembelajaran driil dalam pembelajaran terhadap pemahaman materi dan keaktifan peserta didik. (3) Meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun ataupun melaksanakan pembelajaran serta perbaikan pembelajaran. Dari hasil temuan siklus I, tingkat penguasaan peserta didik meningkat 65%. Hasil ini sejalan dengan strategi mengajar yang diterapkan, yaitu dengan menggunakan metode drill. Karena dengan metode drill dapat memupuk keinginan peserta didik selama proses pembelajaran. Pembelajaran pada siklus I, belum dikatakan belum berhasil penuh karena proses interaksi antara guru dengan peserta didik masih rendah. Dari hasil temuan siklus 2, tingkat penguasaan peserta didik meningkat 72,14%. Hasil ini sejalan dengan strategi mengajar yang diterapkan, yaitu dengan menggunakan metode drill. Karena dengan metode drill dapat memupuk keinginan peserta didik selama proses pembelajaran. Temuan siklus III, tingkat penguasaan peserta didik lebih meningkat, tingkat penguasaan peserta didik meningkat 80,54%, karena peneliti memadukan metode drill. Hal ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan berfikir peserta didik yang ada pada tahap operasional konkrit. Perpaduan antara metode drill ini dapat lebih memudahkan peserta didik untuk memahami pelajaran, karena selain menjawab pertanyaan, peserta didikpun di beri kesempatan untuk mengungkapkan jawabannya di depan kelas. Paduan metode drill dapat melatih peserta didik terampil menjawab, menjelaskan, dan mengeluarkan pendapatnya

References

Abu, Ahmadi dan Prasetyo. (2005). (SBM) Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Arikunto, Suharsimi. 2001.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Azhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.

Danar W.R.(2003).Beberapa Pendekatan Pembelajaran Penjas .Makalah Forum Komunikasi Intehrasi Vertikal Pendidikan Sains.Cisarua Bogor

Djamarah,Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Putra.

Djamarah,Syaiful Bahri. 2002. psikologi belajar. Rineksa Putra.

Hadi, Sutrisno. 1982. metodologi research, jilid I.yogayakarta: yp. Fak. Psikologi UGM.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.

Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya University Negeri.

Rukmana, A dan Suryana, A. (2006). Pengelolaan Kelas. Bandung: UPI PRESS

Rustiyah, N.K.1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Bina Aksara.

Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sarnoto, A Zain, & Nugroho, T. (2015). Dimensi Mutu Dalam Pendidikan Sekolah. Ulumuddin, 5(1), 48–57.

Sarnoto, Ahmad Zain. (2012). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.

Sarnoto, Ahmad Zain. (2013). Implikasi Teologis Profesi Guru Dalam Pendidikan. 2(2), 1–7.

Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sukidin dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insane Cendekia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Wardani I. G. A. K. Dr.Wihardit Kuswaya Drs.Med, Noehi Nasution Drs. MA.(2004).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta

Winata Putra S. Udin dkk, 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta ; Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2021-06-05

How to Cite

Didin Bahrudin. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI PERMAINAN BOLA BESAR FUTSAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DRILL PADA SISWA KELAS XII-DPKT-2 SMK NEGERI 58 JAKARTA TIMUR . Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 6(1), 34-43. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/162