UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK UKIR DALAM PEMBELAJARAN PEMBUATAN PRODUK TEKNIK UKIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS XI-DPKK-1 SMK NEGERI 58 JAKARTA TIMUR
Keywords:
HASIL BELAJAR, TEKNIK UKIR, METODE DISKUSIAbstract
Berdasarkan rumusan masalah (1) Bagaimanakah peningkatan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran pembuatan produk teknik ukir dengan menggunakan metode diskusi pada siswa kelas XI-DPKK-1 SMK Negeri 58 Jakarta Timur? (2) Bagaimanakah pengaruh metode diskusi terhadap pembelajaran pembuatan produk teknik ukir pada siswa kelas XI-DPKK-1 SMK Negeri 58 Jakarta Timur?. Serta tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan pembelajaran pembuatan produk dengan teknik ukir yang menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. (2) Menganalisis dampak penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran terhadap pemahaman materi dan keaktifan peserta didik. (3) Meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun ataupun melaksanakan pembelajaran serta perbaikan pembelajaran. Diperoleh kesimpulan bahwa penguasaan peserta didik terhadap pelajaran Pembuatan Produk Dengan Teknik Ukir menunjukan peningkatan. Terlihat pada grafik di atas, pada siklus I, penguasaan peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata kelas hanya 64,67. Pada proses perbaikan siklus II mengalami peningkatan sebesar dengan rata-rata kelas 70,74. Pada tahap berikutnya yakni siklus III, peningkatan pemahaman peserta didik mengalami peningkatan yang cukup baik yakni dengan rata-rata kelas 76,67. Hasil perbaikan pada pembelajaran Pembuatan Produk Dengan Teknik Ukir, banyak peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran serta lebih memahami pembelajaran dengan diadakannya metode diskusi dalam pembelajaran
References
Andayani, dkk (2008). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hakim, T (2002). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Bina Aksara.
Hermawan, Asep Herry (2006). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Makmun, A.S. (2005). Profesi Keguruan 2. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas
Terbuka.
Samuan, Aridi (2003). Proses Pembelajaran. Jakarta: Sarana Panca Karya.
Sarnoto, A. Z. (2012a). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.
Sarnoto, A. Z. (2012b). Dinamika Pendidikan dalam perspektif politik pendidikan. Educare, 2(1), 62–73.
Setiawati dan Usman (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Winata Putra S. Udin dkk, 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta ; Universitas Terbuka
Taufik Agus, dkk. 2007. Pendidikan Anak. Jakarta ; Universitas Terbuka