UPAYA MENGOPTIMALKAN BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 83 JAKARTA

Authors

  • Sumiyati Kadir SMA Negeri 83 Jakarta

Keywords:

Mengoptimalkan, Bimbingan dan Konseling, Prilaku Menyimpang

Abstract

Berdasarkan pengamatan ada beberapa siswa yang belum memahami perubahan fisik maupun psikis pada diri mereka. Hal ini terjadi karena kurangnya informasi tentang perkembangan remaja. Siswa mendapat informasi dari sumber yang salah, kurang perhatian orang tua, adanya kesenjangan komunikasi dan perlakuan yang salah terhadap diri remaja. Guru mengajak siswa ntuk menggali pengethauan tentang perubahan dan perkembangan fisik maupun psikis yang sedang terjadi pada diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai perkembangan remaja.

Penelitian ini dilakukan dikelas XI IPS 1 SMA Negeri 83 Jakarta pada bulan Januari sampai Desember 2012. Metode yang digunakan adalah model Kemmis MC Taggart dengan mengatasi perilaku menyimpang pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 83 Jakarta yang terdiri dari dua siklus, masing-masing dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis tentang pemahaman remaja, lembar observasi tentang keaktifan siswa, angket tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru.

Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus 1 skor tes rata-rata 7,2; pada siklus II skor tes rata-rata 7,88. Hasil observasi juga menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode upaya mengoptimalkan bimbingan konseling untuk mengatasi perilaku menyimpang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap perkembangan remaja SMA Negeri 83 Jakarta

References

Agus Sulistyo dan Adi Mulyono. 2004. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.

Surakarta : Penerbit Ita.

Bambang Sujiono. 2005. Mencerdaskan Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta :

Penerbit PT. Elex Media Komputindo.

Basuki WIbawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas, Dirjen

PDM Direktorat Tenaga Kependidikan.

Edi Purwanta. 2005. Modifikasi Perilaku. Jakarta: Departemen Pendidikan tinggi Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.

Harris Clemes dan Reynold Bean. 2001. Mengajarkan Disiplin Kepada Anak. Jakarta: Mitra Utama.

Sarnoto, Ahmad Zain. 2012a. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam.” Madani Institute 1(2):41–50.

Sarnoto, Ahmad Zain. 2012b. “Madrasah Diniyah Dalam Pusaran Kebijakan Politik Pendidikan Indonesia.” PROFESI 1(1):1–11.

Sarnoto, Ahmad Zain. 2014. Pesantren Dan Kurikulum Pembelajaran Dalam Dinamika Politik Pendidikan Di Indonesia.

Sarnoto, Ahmad Zain, and Khusni Alhan. 2013. “Kesehatan Mental Dalam Perspektif Agama Islam.” Statement 3(1):32–39.

Suryadi. 2006. Kiat Jitu Dalam Mendidik Anak. Jakarta: Penerbit Mahkota

Downloads

Published

2021-06-04

How to Cite

Sumiyati Kadir. (2021). UPAYA MENGOPTIMALKAN BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 83 JAKARTA. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 4(2), 37-46. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/152