UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PEMAHAMAN DASAR-DASAR BAHASA JERMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEMPOTO BAGI SISWA KELAS X-MIA-2 SMA NEGERI 51 JAKARTA TIMUR
Keywords:
Pembelajaran, Pemahaman, Bahasa JermanAbstract
Mempoto adalah akronim dari memanfaatkan media potongan foto. Dalam hal ini peneliti akan mencoba menerapkannya dalam peningkatan pembelajaran Bahasa Jerman. Kenyataan di lapangan yang kita saksikan hingga saat ini jarang sekali guru yang mengajar Bahasa Jerman menggunakan alat peraga, dalam pembelajaran. Berbagai alasan selalu dikemukakan, misalnya tidak cukup waktu untuk membuat atau mengadakan alat peraga tersebut, tidak tersedia dana, dll. Ada pula yang mengemukakan alasan bahwa penggunaan alat peraga pembelajaran tidak cukup berarti dalam meningkatkan motivasi dan prestasi siswa. Penelitian ini tidak bermaksud membuktikan secara empiris asumsi atau anggapan yang dikemukakan di atas.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan menerapkan tindakan penggunaan alat peraga gambar /foto. Sedangkan rumusan hipotesis tindakannya adalah: Pembelajaran Bahasa Jerman menggunakan alat peraga gambar /foto dapat berfungsi sebagai sarana belajar yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dan keberhasilan siswa.
Tindakan dilakukan sebanyak 3 tahapan atau siklus, dengan refleksi motivasi dan hasil belajar masing-masing siklus menunjukkan adanya peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar
References
Andre, Rianto, 1982. Peranan Media Audio Visual dalam Pendidikan. Yogyakarta, Yayasan Kanisura.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depdikbud, 2006. Petunjuk Tekhnis Mata Pelajaran Bahasa Jerman, Jakarta.
Djamarah, Syaiful bahri, 2002. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rinekha Cipta.
Hamalik, Oemar, 2003, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Bandung, Tarsito.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.
Sarnoto, Ahmad Zain. 2012a. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam.” Madani Institute 1(2):41–50.
Sarnoto, Ahmad Zain. 2012b. “Konsepsi Pendidik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an.” Profesi 1(2):1–7.
Sumaatmadja, Nursid, 2000, Konsep Dasar Bahasa Jerman, Jakarta, Universitas Terbuka.