PENGGUNAAN METODE EKSPOSITORI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN SISWA KELAS IX-2 SMP NEGERI 154 JAKARTA SELATAN
Keywords:
Metode Ekspositiri, Aktivitas, Prestasi BelajarAbstract
Pembelajaran yang baik dan berkualitas adalah pembelajaran yang menggunakan metode dengan tepat dan mampu berinteraksi disaat pembelajaran berlangsung. Salah satu pembelajaran dimaksud adalah pembelajaran dengan penerapan metode Ekspositiri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah metode Ekspositiri pada pembelajaran materi pokok garis dan sudut dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Kelas IX-2 Semester-1 SMP Negeri 154 Jakarta Selatan tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa yang dijadikan sampel sebanyak 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap observasi, tahap evaluasi, dan tahap repleksi. Intrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk memperoleh gambaran langsung tentang aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode Ekspositiri dan prestasi belajar siswa Kelas IX-2 SMP Negeri 154 Jakarta Selatan materi garis dan sudut. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Ekspositiri pada pembelajaran materi pokok garis dan sudut untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Kelas IX-2 Semester-1 SMP Negeri 154 Jakarta Selatan tahun pelajaran Ekspositiri. Hal ini terlihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan hasil evaluasi belajar siswa yang mana dari jumlah 34 siswa yang mendapat nilai > 65 sebanyak 20 siswa
References
Anonim, 2006. Pedoman Penulisan Skripsi. IKIP. FPMIPA. Mataram
Anonim, 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat JenderalPendidikan Dasar dan Menengah.
Ahmad, 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, M. 2002. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Arikunto, M. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdiknas, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Depdiknas: Balai Pustaka.
Djamarah, 2005. Prestasi Belajar dan Kemampuan Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, Oemar. 2001. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan SBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Hamalik Oemar, 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumu Aksara.
Mudjiono dan Dimyati, M. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Nana Sudjana, 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sardiman, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Parsada.
Sarnoto, Ahmad Zain. 2012. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam.” Madani Institute 1(2):41–50.
Sarnoto, Ahmad Zain. 2013. “Implikasi Teologis Profesi Guru Dalam Pendidikan.” Madani Institute 2(2):1–7.
Sarnoto, Ahmad Zain. 2014. Pesantren Dan Kurikulum Pembelajaran Dalam Dinamika Politik Pendidikan Di Indonesia.
Sudjanah, 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sukino dan Wilson Simangunsong, 2006. Matematika SMP Jilid 1 Kelas IX.Jakarta: Erlangga.
Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rinaka Cipta.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Surabaya: PT. Rineka Cipta.
Sagala, M Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.
Wardani, dkk. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Pusat Penerbit Universitas Terbuka.