MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING

Authors

  • Intan Diyati SMP Negeri 154 Jakarta

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Problem Solving

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika rendah. Menurut pengamatan, hal ini disebabkan kemampuan siswa yang rendah dalam memecahkan masalah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Melalui metode Problem Solving Pada Siswa Kelas 7C  SMP Negeri 154 Jakarta Selatan.Jenis penelitian ini termasuk action research. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas 7C SMP Negeri 154 Jakarta Selatan.Hasil analisis deskripsi mengungkapkan, bahwa dengan data sebagai berikut : Siklus I Rata – rata hasil belajar Matematika adalah 56  , ketuntasan 26 % dan Daya Serap 56 %.dan pada Siklus II Rata –rata 64, Ketuntasan   28 % dan Daya Serap 64 %. Sedangkan keaktifan siswa pada Siklus I Rata – rata dari 4 aspek adalah  61 % dan Pada Siklus II adalah 67 %.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Aritmetika Sosial dapat ditingkatkan Melalui Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas 7C SMP Negeri 154 Jakarta.Kata kunci : Hasil Belajar, Problem Solving

References

Dj. A. Simarta, Matematika Ratu Ilmu Pengetahuan, Media Indonesia, 26 Mei 1990.

Dendrokusumo Prawiroatmojo, Pengaruh Pendekatan Holistik dan Konvesional Terhadap Prestasi Belajar Ranah Kognitif dan Afektif Pada Program PKLH Tingkat SD Disertasi ) FPS IKIP Jakarta 1985

E.T. Ruseffendi, Pengajaran Matematika Modern, ( Bandung : Tarsito, 1980 ), pp. 154 -155.

E.T. Simarta, Matematika Ratu Ilmu Pengetahuan, Media Indonesia, 26 me I 1990 ),p.4.

Gagne, Robert M, The Condition of learning, ( New York, et, al, Holt, Rinchatand,1977)

J ujun S. Suria Sumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, ( Jakarta : Sinar Harapan , 1985 )

Meli sri Sulastri Rifai, Tugas – Tugas Perkembangan dalam rangka Bimbingan Perawatan Anak, ( Jakarta : Bina Aksara, 1997 )

Sardiman A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, ( Jakarta : CV. Rajawali, 1986 )

Sarnoto, Ahmad Zain. 2012. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam.” Madani Institute 1(2):41–50.

S. Winkel, Psikologi Pengajaran, ( Jakarta : PT Gramedia 1987 ).

Suharsimi Arikunto, Dasar Dasar Evaluasi Mengajar, ( Bandung : Remaja Karya )

Sidney L. Pressey, franscis F. R. dan John.E. Harrock, Psychologi in Education, ( New York : Harper dan Raw Publisher, 1959 )

Singgih D. Gunarsa, Psikologi Perkembangan, ( Jakarta : BPK Gunung Mulia )

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Intan Diyati. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 4(1), 24-38. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/147