UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI REAKSI REDOKS MELALUI MEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 93 JAKARTA TIMUR SEMESTER-2 TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Authors

  • Hotdiana SMA Negeri 93 Jakarta Timur

Keywords:

Reaksi Redoks, Hasil Belajar, Media Interaktif

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang aspek-aspek yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah hasil belajar. Hasil belajar siswa terpengaruh oleh kondisi belajarnya, baik kondisi ekstern dan kondisi intern. Akan tetapi, yang akan menjadi area penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengubah kondisi ekstern siswa. kenyataannya berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan di SMA Negeri 93 Jakarta Timur diperoleh data bahwa di sekolah tersebut masih ada siswa yang kurang termotivasi dalam belajar.

Hal ini dapat disebabkan kemampuan guru yang kurang bisa mengemas materi pelajaran secara menarik sehingga siswa kurang bergairah atau termotivasi dalam belajar. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tindakan dalam pembelajaran kimia materi reaksi redoks menggunakan media interaktif berupa animasi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia.

Melalui penelitian tindakan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam upaya peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas X-3 di SMA Negeri 93 Jakarta Timur

References

Angkowo R. dan A. Kosasih. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : Grasindo, 2007.

Anon, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta :Depdiknas, 2004.

______, Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Visimedia, 2007.

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara, 2006.

_______, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta, 2006.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta : RajaGrafindo Persada, 2008.

D. Hidraswari Enggar, Ayo Berkenalan dengan Komputer. Jakarta : Ekuatkor, 2005.

Definisi CD. D:Contentindex.html.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka, 2005.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta, 2006.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta : Rineka Cipta, 2008.

Echols, John M. dan Hasan Shadily. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta : PT Gramedia, 2003.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara, 2006.

Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak. Jilid 2. Jakarta : Erlangga, 1978.

Kasbolah, Kasihani, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2008/2009.

Mandiri Information System. Kamus Istilah Komputer dan Teknologi Informasi. Yogyakarta : Anindya, 2004.

Math & Computers. Kogan : Trifolium Inc and Weigl Educational Publishers Limited, 2006.

Sadiman, Arief S, dkk. Media Pendidikan. Jakarta : RajaGrafindo Persada. 2008.

Safaria, Triantoro. Kepemimpinan. Yogyakarta : Graha Ilmu. 2004.

Sardiman A.M, Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : Grasindo, 2007.

Sarnoto, Ahmad Zain. 2012. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam.” Madani Institute 1(2):41–50.

Sulistyorini, Sri. Pembelajaran kimia materi reaksi redoks SMA N 93. Yogyakarta : Tiara Wacana, 2007.

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma, e-Education. Yogyakarta : Penerbit ANDI, 2003.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2007

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Hotdiana. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI REAKSI REDOKS MELALUI MEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 93 JAKARTA TIMUR SEMESTER-2 TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 4(1), 14-19. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/145