PENGGUNAAN STRATEGI IMMEDIATE LEARNING INVOLVEMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SMP (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IX SMPN 220 Jakarta)

Authors

  • RETNO DJUMATI SMPN 220 Jakarta

Keywords:

Strategi, Immediate Learning Involvement, Keterampilan

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Strategi Immediate Learning Involvement Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SMP”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran berbicara menggunakan strategi Immediate Learning Involvement. Penelitian ini menawarkan suatu strategi aktif yaitu strategi Immediate Learning Involvement (Strategi Belajar dengan Keterlibatan Langsung) untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan siswa ketika berbicara di depan umum. Dari hasil observasi awal siswa diketahui bahwa kurangnya siswa ketika berbicara di depan umum karena rasa gugup yang akhirnya mempengaruhi pada penguasaan materi dan sikap ketika berbicara di depan umum yang kurang sesuai dengan etika yang berlaku.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK salah satu bentuk penelitian yang bersifat reflektif. Tujuan PTK yaitu untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran.    Strategi Immediate Learning Involvement merupakan strategi aktif yang menggabungkan aspek psikomotor dan kognitif. Strategi-strategi yang terdapat dalam Immediate Learning Involvement dirancang untuk melibatkan peserta didik secara langsung ke dalam mata pelajaran untuk membangun perhatian dan minat, serta memunculkan keingintahuan dan merangsang daya berpikir siswa.

Penelitian keterampilan berbicara menggunakan stategi Immediate Learning Involvement dilaksanakan dalam tiga siklus. Penelitian ini dicukupkan pada siklus III karena dari hasil pembelajaran berbicara siswa menggunakan strategi Immediate Learning Involvement dari siklus I hingga siklus III mengalami peningkatan dan siswa pun telah mampu berbicara sesuai dengan etika yang berlaku. Pada siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 68,8. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi  76,47 dan pada siklus III keterampilan siswa ketika berbicara di depan umum jauh lebih baik dari siklus I dan siklis II, hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa yaitu sebesar 81,9 atau dalam skala penilaian PAP termasuk dalam kategori baik. Jadi, dari data tersebut dapat diketahui bahwa strategi Immediate Learning Involvement dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, khususnya dalam materi menceritakan tokoh idola

References

Arianti, Novi. (2010). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Strategi Setiap Orang adalah Guru ( Everyone Is A Teacher Here) (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Tingkat Semenjana SMK Negeri 1 Cimahi Tahun Ajran 2009/2010). Skripsi Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. dan Sapardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsjad, G Maidar dan Mukti U.S. (1988). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka

King, Larry. (2007). Seni Berbicara. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muslich, Masnur. (2009). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurdiansah, Andi. 2010. Pembelajaran Aktif. [Online]. Tersedia: http://andinurdiansah.blogspot.com/2010/11/active-learning-pembelajaran-aktif.html [3 3 2011]

Nurdiansah, Andi. Kelebihan dan Kelemahan Active Learning. [online]. Tersedia: http://andinurdiansah.blogspot.com/2010/11/kelebihan-dan-kelemahan-active-learning_12.html [3 3 2011]

Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Ruyandari, Lina. 2006. Bimbingan dan Strategi Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Pada Siswa Sekolah Dasar. [Online]. Tersedia: http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/index/assoc/HASH0112/03e117d6.dir/doc.pd [21 Januari 2011]

Sarnoto, Ahmad Zain. 2012. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam.” Madani Institute 1(2):41–50.

Silberman, Melvin L. (2007). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Actif. Yogyakarta: Pustaka Intan Madani.

Suhendar, M.E. dan Pien Supinah. (1992). Keterampilan menyimak dan Berbicara. Bandung: Pionir Jaya.

Tarigan, Hanry Guntur. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yoma. 2007. 8 Bahasa Tubuh yang Harus Dihindari. [Online]. Tersedia: http://yoma.wordpress.com/2007/06/11/8-bahasa-tubuh-yang-harus-dihindari/ [11 4 2011]

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

RETNO DJUMATI. (2021). PENGGUNAAN STRATEGI IMMEDIATE LEARNING INVOLVEMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SMP (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IX SMPN 220 Jakarta). Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 3(2), 40-53. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/141