MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA KELAS IX SMPN 220 JAKARTA
Keywords:
Model Pembelajaran, Siklus, Pemahaman KonsepReferences
Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Armiza. (2007). Model Siklus Belajar Abduktif Empiris Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Pemantulan Cahaya. Tesis pada PPS UPI. Bandung : Tidak Diterbitkan.
Aqib, Zaenal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Dahar, Ratna Wilis. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (1995). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hadiyan, Usep. D. (2000). Pengembangan Konsepsi Siswa Tentang Pesawat Sederhana melalui Learning Cycle. Tesis pada PPS UPI. Bandung: tidak diterbitkan.
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Akasara.
Hasibuan,J.J. dan Moedjiono. (2000). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Isnawar. (2005). Pembelajaran Pesawat Sederhana dengan Model Siklus Belajar Empiris Induktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Rasional Siswa SMP. Tesis Program Pasca Sarjana UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Kamil Pasya, R. Gurniwan. (2002). Geografi: Pemahaman Konsep dan Metodologi. Bandung: Buana Nusantara.
Komara. (2002). Miskonsepsi Siswa SMU Kelas 2 Pada Sub Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.
Muslim. (2005). Penerapan Model Siklus Belajar Dalam Pembelajaran IPA Untuk Mengubah Konsepsi Siswa Tentang Bunyi (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas SD Negeri di Bandung). Tesis PPS UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Poedjiadi, Anna. (2001). Pengantar Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: Yayasan Cendrawasih.
Rustaman, et al. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: UPI.
Sagala, Syaiful. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sarnoto, Ahmad Zain. 2012a. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam.” Madani Institute 1(2):41–50.
Sarnoto, Ahmad Zain. 2012b. “Urgensi Supervisi Pengajaran Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.” Statement 2(3):81–92.
Sudjana, Nana. (1989). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Offset.
Sudjana, Nana. (1995). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sumaatmaja, Nursid. (1996). Metodologi Pengajaran Geografi. Bandung: Bumi Aksara.
Suparno, Paul. (2001). Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Susilo. (2007). Panduan Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Tatang. (2005). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas II SMA Pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang. Tesis pada PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Wiranata, Udin. (1992). Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarata: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosd