UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE PENUGASAN DI KELAS V SDN SUNTER JAYA 07 PAGI
Keywords:
Upaya Guru, Hasil Belajar, Metode PenugasanAbstract
Guru sebagai pelaku pendidikan dan pengajaran bertanggung jawab terhadap kesuksesan proses belajar mengajar yang ditandai dengan pemahaman dan penguasaan anak didik terhadap suatu pelajaran yang telah diberikan.. Selain itu juga metode penugasan tersebut harus sesuai dengan kecenderungan anak didik sehingga dapat mempermudah pemahaman siswa.
Selama peneliti melaksanakan proses belajar mengajar di SDN Sunter Jaya 07 Pagi menemukan permasalahan diantaranya, pelajaran PKn termasuk yang kurang diminati siswa dan merupakan salah satu pelajaran non eksakta.
Untuk memperoleh dan meningkatkan kemampuan mengadakan penelitian Hasil penelitian yang dilakukan diharapkan dapat menjadi sumbangan pikiran bagi sekolah tersebut untuk melakukan meningkatkan kualitas pendidikan berguna untuk mengetahui adakah perbedaan metode penugasan dengan metode lainya dalam meningkatkan hasil belaja
References
Arifin, H.M., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1991 Cet. Ke-1
Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta BPFS, 1990
Hadari Nawawi, Pengaruh Hubungan Manusiawi Kalangan Murid Terhadap Prestasi Belajar di Sekolah Dasar, Jakarta: DepDik Bud, 1981
Hamalik, Media Pendidikan, Bandung: PT. Aditya Bakti, 1994, Cet ke-7
Imansjah Alipandie, Didaktik Metodik Surabaya : Usaha Nasional, 1999
Imron Evaluasi Intructional Prinsip-Prinsip Teknik Prosedur, Jakarta : CV. Pedoman Ilmu Jaya, 1996. 1996 :
Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Sosial, Bandung MandarMajti, 1990
Mudzakir Ilmu Pendidikan Surabaya : PT Usaha Nasional, 1973
Poerwadarminta. W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 1986, Cet. Ke-9
Purwanto Psikologi Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. 1996
Rustiyah Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: CV. Remaja Karya, 1989
Sarnoto, A. Z. (2012). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.
Singgih D. Gunarso, Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga, Jakarta BPK Gunung MuIia, 1994,
Slameto;1991 Psikologi Umum, CV. Mandar Maju, 1990, cet. ke-2.
Soemanto, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta : PT Rajawali perss. 1992 Cet Ke: 4
Syaiful Bahri Djamaran, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya : Usaha Nasional, 1994
Winarno Surachmad, Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode dan Teknik, Bandung Tarsito, 1994