UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE PENUGASAN DI KELAS V SDN SUNTER JAYA 07 PAGI

Authors

  • Sri Ngati SDN Sunter Jaya 07 Pagi Jakarta

Keywords:

Upaya Guru, Hasil Belajar, Metode Penugasan

Abstract

Guru sebagai pelaku  pendidikan dan pengajaran bertanggung jawab terhadap kesuksesan proses belajar mengajar yang ditandai dengan pemahaman dan penguasaan anak didik terhadap suatu pelajaran yang telah diberikan.. Selain itu juga metode penugasan tersebut harus sesuai dengan kecenderungan anak didik sehingga dapat mempermudah pemahaman siswa.

Selama peneliti melaksanakan proses belajar mengajar di SDN Sunter  Jaya  07 Pagi menemukan permasalahan diantaranya, pelajaran PKn  termasuk yang kurang diminati siswa  dan merupakan salah satu pelajaran non eksakta.

Untuk memperoleh dan meningkatkan kemampuan mengadakan penelitian  Hasil penelitian yang dilakukan diharapkan dapat menjadi  sumbangan pikiran bagi sekolah tersebut untuk melakukan meningkatkan kualitas pendidikan berguna untuk mengetahui adakah perbedaan metode penugasan   dengan metode lainya dalam meningkatkan hasil belaja

References

Arifin, H.M., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1991 Cet. Ke-1

Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta BPFS, 1990

Hadari Nawawi, Pengaruh Hubungan Manusiawi Kalangan Murid Terhadap Prestasi Belajar di Sekolah Dasar, Jakarta: DepDik Bud, 1981

Hamalik, Media Pendidikan, Bandung: PT. Aditya Bakti, 1994, Cet ke-7

Imansjah Alipandie, Didaktik Metodik Surabaya : Usaha Nasional, 1999

Imron Evaluasi Intructional Prinsip-Prinsip Teknik Prosedur, Jakarta : CV. Pedoman Ilmu Jaya, 1996. 1996 :

Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Sosial, Bandung MandarMajti, 1990

Mudzakir Ilmu Pendidikan Surabaya : PT Usaha Nasional, 1973

Poerwadarminta. W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 1986, Cet. Ke-9

Purwanto Psikologi Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. 1996

Rustiyah Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: CV. Remaja Karya, 1989

Sarnoto, A. Z. (2012). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.

Singgih D. Gunarso, Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga, Jakarta BPK Gunung MuIia, 1994,

Slameto;1991 Psikologi Umum, CV. Mandar Maju, 1990, cet. ke-2.

Soemanto, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta : PT Rajawali perss. 1992 Cet Ke: 4

Syaiful Bahri Djamaran, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya : Usaha Nasional, 1994

Winarno Surachmad, Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode dan Teknik, Bandung Tarsito, 1994

Downloads

Published

2013-10-30

How to Cite

Sri Ngati. (2013). UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE PENUGASAN DI KELAS V SDN SUNTER JAYA 07 PAGI. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 2(2), 75-84. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/131