UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TANAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SDN UTAN KAYU UTARA 05 PAGI

Authors

  • Resdiana Gultom SDN Utan Kayu 05 Pagi Jakarta

Keywords:

Hasil belajar, Tanah, Model

Abstract

Jalur strategis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia seluruhnya adalah pendidikan. Namun salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan ahlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara.

 Berdasarkan hasil pengamatan riel dilapangan. yaitu di kelas V SDN Utan Kayu Utara 05 Pagi, peneliti merasa perlu mengadakan penelitian tindakan kelas di kelas V khususnya pada materi tanah agar terjadi perubahan proses maupun hasil belajar siswa.

Salah satu  pendekatan yang memungkinkan pencapaian hal tersebut adalah menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa.  Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran yang mendukung pembelajaran kontekstual. Sistem pengajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat didefinisikan sebagai sistem kerja/ belajar kelompok yang terstruktur.

Downloads

Published

2013-10-30

How to Cite

Resdiana Gultom. (2013). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TANAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SDN UTAN KAYU UTARA 05 PAGI. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 2(2), 66-74. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/130