UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN JATI 03 PAGI

Authors

  • Citra Permida SDN Jati 03 Pagi Jakarta

Keywords:

Meningkatkan, kemampuan, Membaca

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini menuntut terciptanya masyarakat yang gemar membaca. Membaca merupakan aktivitas yang penting dan sering dilakukan oleh siswa ketika belajar di dalam maupun di luar sekolah.

Dalam pelaksanaan pengajaran membaca, masih banyak guru yang cenderung menggunakan cara tradisional.

Cara ini masih kurang efektif karena membutuhkan waktu yang cukup lama, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk pelajaran Bahasa Indonesia 2 x 35 menit untuk satu kali pertemuan.

Penguasaan kemampuan Bahasa Indoensia   merupakan sebuah syarat mutlak yang harus dimiliki di era komunikasi dan globalisasi saat ini. Pembelajaran Bahasa Indoensia di jenjang SD merupakan materi pokok sebagai bagian dari fungsi pengembangan diri siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan, teknologi dan seni yang  diharapkan setelah menamatkan studi, Mereka mampu tumbuh dan berkembang menjadi individu yang cerdas, terampil dan berkepribadian sebagai bekal hidup di masa mendatang

References

Abdurrahman, Mulyono, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : Depdikbud Dirjend. Pendidikan Tinggi, 1996.

Arikunto, Suharsimi, dkk., Penelitian Tindakan Kelasi, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2006.

Asep, Jihad dan Abdul, Haris, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta : Multi Pressindo, 2008.

Blair, Heilman & Rupley, Principles and Practise of Teaching Reading 5 Edition, USA; Charles E. Merill Publishing Company.

Boos S. Candace and Vaughn, Sharson, Strategies for Teaching Students with Learning and Behavior Problem. Second Edition.

H. Mike and B. Porter De, Quantum Learning, Bandung : Kaifa, 2000.

Laksono, Kisyani, dkk., Membaca 2, Jakarta : Universitas Terbuka. Depdikbud, 2007.

Mubin dan Cahyadi Ani, Psikologi Perkembangan, Ciputat : Ciputat Press Group, 2006.

Munandar, Utami, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta : Grasindo, 1992.

Nurgiantoro, Burhan, Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta, 1995.

Rahim, Farida, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2007.

Sarnoto, A. Z. (2012). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.

S. Syaodih Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005.

Soedarso, Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2004.

StandarIsi. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2007.

Sudijiono, Anas, Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2001.

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2006.

Tarigan, Henry, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung : Angkasa, 1987

Downloads

Published

2013-10-30

How to Cite

Citra Permida. (2013). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN JATI 03 PAGI. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 2(2), 47-53. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/128