MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK ANAK GANGGUAN INTELEKTUAL SEDANG KELAS I DI SLB ARRAHMAN
Keywords:
Kemampuan Membaca, Media karta, GangguanAbstract
Membaca adalah kegiatan yang menyangkut aktivitas fisik dan mental. Aktivitas fisik yang dilakukan dalam kegiatan membaca dapat dilihat dari penggunaan aktivitas seperti mata untuk melihat huruf atau simbol grafis yang tertulis didalam bacaan. Aktivitas mental dalam kegiatan membaca menyangkut proses berfikir untuk menafsirkan arti dari rangkaian simbol sehingga memberikan makna aktual dari pengertian yang diperoleh dari membaca
Berdasarkan hasil penilaian dapat terlihat adanya peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan media kartu kata bergambar yang dilaksanakan pada siswa kelas I SLB Arrahman, Jakarta Selatan . Hal ini dapat terlihat dari refleksi hasil tes awal, siklus I dan siklus II. Pada tes awal, prosentase masing-masing kemampuan siswa yaitu PT 48%, OP 54%, TA 45 %, AD 51 %, SW 45 %. Kemudian, dilakukan tindakan pada siklus I dengan prosentase peningkatan masing-masing siswa yaitu PT 63%, OP 54%, TA 72%, AD 48%, SW 48%. Pada siklus I belum mengalami peningkatan yang diharapkan, dilanjutkan tindakan pada siklus II yang mengalami peningkatan prosentase diperoleh masingmasing siswa sebesar PT 75 %, OP 72%, TA 84%, AD 72%, SW 66 %
References
Arief.S.Sadiman dkk, Media Pendidikan : Jakarta,CV. Rajawali, 1986
DarmiyatiZucdi Budiasih, (1996-1997). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Farida Rahim, (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta, Bumi Aksara
Moh. Amin , Ortopedagogik Anak Tunagrahita, Depdikbud.
Muhammad Amin, Ortopedagogik Anak Tunagrahita, Jakarta : Depdikbud, Dirjen Dikti, 1995
Mulyono Abdurahman, Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar, Jakarta : Rieneka Cipta, 1999
Mulyono dan Soedjadi. S, Pendidikan Luar Biasa Umum, Jakarta : Depdikbud,1 994.
Mumpuniarti, Penanganan Anak Tunagrahita Jurusan PLB FIP Universitas Negeri Yogyakarta, 2000.
Nasution, S, Metodologi Research, Jakarta : Bumi Aksara, 1995 Oemar Hamalik, Media Pendidikan, Bandung : Citra Aditya Bakti, 1994.
Rahardjo, Media dalam Teknologi Komunikasi Pendidikan, Pengembangan dan Penerapannya di Indonesia, Jakarta : CV. Rajawali, 1984.
Soedarsono, Sistem Membaca cepat dan Efektif, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 1983
Sri Hastuti, Pengajaran Remedial, Yogyakarta : Mitra Gama Widi , 1979.
Suharsini Arikunto, Suharsono, Supardi, Penelitian Tindakan kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Sunardi, Menangani Kesulitan Belajar Membaca, Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Depdikbud, 1997.
Supriyadi, Pendekatan Bahasa Indonesia, Jakarta : Depdikbud, 1983 Suranto, Soedarini, Kemampuan Merawat Diri, Jakarta : 2005
Waskita,AA : Kartu kata bergambar / Belajar Untuk Anak, Jakarta, Wahyu Media.
http:www. ialf.Edu & http://tp community 05 blogsport.com/2008/OS/strategi Memanfaatkan Media Gambar.html