Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teks Recount Lisan Dengan Menggunakan Model Absorb Learning Bagi Siswa Kelas X-4 Sma Negeri 93 Jakarta Timur Semester-2 Tahun Pelajaran 2013-2014

Authors

  • Dahlia Hutadjulu SMA Negeri 93 Jakarta Timur

DOI:

https://doi.org/10.56745/js.v5i1.75

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris perlu dikembangkan oleh guru dengan menggunakan konsep pakem yaitu pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dan  menggunakan metode yang tepat. Perkembangan bahasa siswa sangat mempengaruhi pada keterampilan siswa memahami teks recount lisan, dengan semakin banyak kosakata yang mereka miliki dan pengalaman yang mereka dapat akan semakin mudah siswa menyesuaikan diri dengan bahan simakan yang terdiri atas teks recount lisan. Kegiatan memahami teks recount lisan juga menyita waktu yang paling banyak dalam melakukan setiap kegiatan berkomunikasi.Berdasarkan permasalahan yang peneliti hadapi, peneliti mencoba menggunakan metode Absorb learning, yaitu metode yang menyerap lisan yang diucapkan guru dan menirukannya kembali dalam meningkatkan keterampilan memahami teks recount lisan siswa kelas X-4 SMA NEGERI 93 JAKARTA TIMUR. Hasil temuan menunjukkan pembelajaran dengan menerapkan Absorb learning di kelas X-4 menunjukkan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan kegiatan pembelajaran lebih berfokus kepada siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang konvensional. Kurang lebih 80% siswa sudah tampak aktif. Kondisi seperti inilah yang diharapkan guru sebagai bahan untuk merencanakan tindakan berikutnya. Kegiatan ini juga mengaktifkan siswa melalui menjawab pertanyaan, membuat peta pikiran, dan menceritakan kembali teks narative yang didengarnya.

Berdasarkan analisis data dan temuan penelitian, pembelajaran dengan Absorb learning dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami teks recount lisan. Hal ini dikarenakan, pembelajaran dengan Absorb learning membuat siswa terbiasa berfikir sistematis dan terarah, sehingga siswa dapat mengungkapkan ide-ide dan gagasannya secara runtut.

Downloads

Published

2021-02-01 — Updated on 2021-06-08

Versions

How to Cite

Hutadjulu , D. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teks Recount Lisan Dengan Menggunakan Model Absorb Learning Bagi Siswa Kelas X-4 Sma Negeri 93 Jakarta Timur Semester-2 Tahun Pelajaran 2013-2014. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 5(1), 1-6. https://doi.org/10.56745/js.v5i1.75 (Original work published February 1, 2021)