Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia Melalui Metode Bervariasi di Kelas I SDN Makasar 01 Pagi Jakarta Timur

Authors

  • Suwarti SDN Makasar 01 Pagi Jakarta Timur

DOI:

https://doi.org/10.56745/js.v4i2.73

Keywords:

Materi Pembelajaran, Metode Bervariasi, Matematika, Bahasa Indonesia, SD

Abstract

Mata pelajaran Matematika merupakan mata pelajaran yang kurang disenangi banyak siswa karena dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Persepsi negatif tentang matematika dalam benak siswa menjadi salah satu kendala yang menyebabkan rendahnya motivasi siswa untuk mengikuti pelajaran matematika. Tidak jauh berbeda dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang juga kurang disenangi karena sebagian besar siswa tidak suka membaca dan menulis. Oleh sebab itu, apabila guru selalu menggunakan ceramah tanpa variasi metode lain, akan sangat membosankan sehingga kurang meningkatkan minat siswa untuk mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut menyebabkan tingkat penguasaan membaca menjadi rendah bagi siswa. Secara klasikal tingkat penguasaan materi pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia di SDN Makasar 01 Pagi, Jakarta Timur untuk kelas I pada semester pertama tahun pelajaran 2011/2012 tercermin dari rata-rata nilai yang diperoleh siswa dalam ulangan bersama di sekolah yaitu 6,4 untuk mata pelajaran matematika dan 66 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Tujuan penulisan, Penulis bermaksud melaksanakan perbaikan kegiatan pembelajaran dengan tujuan meningkatkan penguasaan materi siswa pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Adapun proses perbaikan pembelajaran yang dilakukan pelaksanaannya mulai dari penyusunan rencana perbaikan pembelajaran, pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilakukan dalam 3 siklus Matematika dan 3 siklus Bahasa Indonesia sehingga dengan evaluasi pembelajaran serta penulisan laporan dapat terselesaikan.

Hasil pembelajaran pada siklus III yang dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2012 adalah sebagai berikut : Berdasarkan siklus I dan II yang masih kurang memuaskan dalam materi pembelajaran, maka guru tetap memberikan motivasi dan penjelasan yang terus-menerus mamasuki aspek-aspek ketrampilan dasar mengajar. Dengan menggunakan metode bervariasi siswa lebih bersemangat lagi dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan penjelasan mudah dipahami.

Kesimpulan penelitian adalah Aktifitas guru pada perbaikan pembelajaran dari siklus I sampai siklus III untuk Matematika maupun Bahasa Indonesia, mengalami peningkatan secara bertahap. Dari hasil pengamatan observer tentang aktifitas penulis dalam upaya peningkatan pemahaman materi pembelajaran pada siklus I dapat dikategorikan kurang.

Downloads

Published

2021-02-01

How to Cite

Suwarti, S. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia Melalui Metode Bervariasi di Kelas I SDN Makasar 01 Pagi Jakarta Timur. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 4(2), 97-106. https://doi.org/10.56745/js.v4i2.73