Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pemanfaatan Infocus Siswa Kelas VI di SDN Ciracas 16 Petang
DOI:
https://doi.org/10.56745/js.v3i2.35Keywords:
Hasil Belajar, InfocusAbstract
Melalui pembelajaran audio visual dengan memanfaatkan infocus, siswa diharapkan dapat melihat gambaran langsung secara visual dan konkret tentang materi tata surya. Peneliti memberikan penjelasan tambahan untuk menambah pemahaman siswa sesuai dengan dokumenter. Pada slide dokumenter tersebut dikisahkan bagaimana planet bumi dan bulan mengelilingi matahari yang tetap konstan pada garisnya
Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemanfaatan infocus sangat tepat digunakan dalam pembelajaran IPA dengan tema tata surya. Hal ini terlihat dari meningkatnya perolehan nilai rata-rata siswa tiap siklusnya. Pada siklus I perolehan nilai rata-rata mencapai 6,53 dan terdapat 3 siswa (7,89 %) yang memperoleh nilai 5, namun pada siklus II tidak ada siswa yang memperoleh nilai 5 dengan nilai rata-rata 7,46. Setelah melewati dua siklus, pada siklus III, hasil perolehan nilai siswa meningkat secara signifikan sebesar 8,25 dengan nilai terendah adalah 7 sebanyak 4 siswa (11,11 %) dan nilai tertinggi adalah 10 sebanyak 5 siswa (13,89 %)