EVALUASI PEMBELAJARAN PERSPEKTIF AL QUR’AN

Authors

  • Lia Muhsinah SMP Islam Plus Az-Zahra

DOI:

https://doi.org/10.56745/js.v11i2.253

Keywords:

Evaluasi, Pembelajaran, Perspektif Al Qur’an

Abstract

Penelitian ini mengkaji pentingnya evaluasi pembelajaran yang dilakukan untuk menghimpun informasi yang dapat dijadikan dasar untuk mengetahui taraf kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar peserta didik, serta keefektifan guru dalam mengajar. Sistem evaluasi  yang diterapkan dalam pendidikan hendaknya mengacu pada pedoman  yang terdapat dalam Al Qur’an. Dalam Islam, evaluasi diistilahkan dengan muhasabah, yang sering digunakan untuk merefleksi diri agar terhindar dari kesalahan dan dosa. Dalam pembahasan ini penulis menggunakan studi pustaka  untuk dapat memahami evaluasi pembelajaran berdasarkan Al Qur’an, penulis menelusuri berbagai rujukan primer maupun sekunder yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran perspektif Al Qur’an. Hasil yang didapat adalah bahwa evaluasi pembelajaran berdasarkan Al Qur’an telah disebutkan dalam beberapa ayat, dan tujuannya bermuara pada penyempurnaan akhlak, muhasabah atau senantiasa mengoreksi diri, serta semakin mendekatkan kepada sang Khalik

Downloads

Published

2021-09-08

How to Cite

Lia Muhsinah. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN PERSPEKTIF AL QUR’AN. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 11(2), 96-108. https://doi.org/10.56745/js.v11i2.253