Urgensi Minat Menghafal Al-Qur’an dan Kemampuan Berbahasa Arab Bagi Peningkatan Prestasi Tahfizh Al-Qur’an

Authors

  • Gamal Abdel Nasier Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56745/js.v10i1.20

Keywords:

Minat Menghafal, Al-Qur’an dan bahasa Arab

Abstract

Secara umum tujuan pengajaran bahasa Arab di Indonesia tidak terlepas dari fungsinya sebagai sarana untuk mengkaji dan mendalami ilmu agama Islam, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan sebagai sarana komunikasi antar bangsa. Oleh karena itu pelaksanaan pengajaran bahasa Arab di Indonesia haruslah memperhatikan keseimbangan antara pengusaan secara lisan dan tulisan.

Mempelajari bahasa Arab bagi masyarakat non Arab, tetap saja memiliki banyak kendala dan problematika yang dihadapi karena bahasa Arab bukanlah bahasa yang mudah untuk dikuasai secara total. Namun mempelajarinya menjadi sesuatu yang tak bisa diabaikan begitu saja. Kebutuhan akan bahasa Arab bagi masyarakat dunia saat ini cukup tinggi, baik bagi muslim maupun non muslim.

Sebagaimana telah dijelaskan di atas kandungan bahasa Al-Qur’an yang berasal dari bahasa Arab memberikan keunikan tersendiri bagi setiap orang untuk menghafal Al-Qur’an, mengingat bahasa setiap negara berbeda hal ini merupakan tantangan bagi setiap individu yang akan memantapkan diri untuk menghafal Al-Qur’an.

Adanya kekhususan bahasa Al-Qur’an ini telah memberikan semangat dan kemauan masyarakat dalam belajar bahasa Arab. Upaya yang dilakukan tersebut adalah untuk mempermudah dalam menghafal Al-Qur’an. Selain itu dengan memahami bahasa Arab memungkinkan seseorang seseorang dapat dengan mudah mengerti dan memahami isi kandungan Al-Qur’an. Minat menghafal Al-Qur’an dan kemampuan berbahasa Arab kiranya dapat menjadi pengaruh seseorang dalam berprestasi terhadap hafalan Al-Qur’an

Downloads

Published

2020-08-12

How to Cite

Nasier, G. A. (2020). Urgensi Minat Menghafal Al-Qur’an dan Kemampuan Berbahasa Arab Bagi Peningkatan Prestasi Tahfizh Al-Qur’an. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 10(1), 79-106. https://doi.org/10.56745/js.v10i1.20