Urgensi Perguruan Tinggi Dalam Perspektif Islam

Authors

  • Condro Sujalmo STAI Fatahillah Serpong

DOI:

https://doi.org/10.56745/js.v10i1.18

Keywords:

Perguruan Tinggi, Perspektif Islam

Abstract

Makalah ini menguraikan tentang urgensi pendidikan tinggi dalam perspektif Islam. Saat ini minat masyarakat untuk belajar di lembaga pendidikan Islam cukup tinggi, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi lambaga – lambaga pendidikan Islam terutama pada pendidikan tingginya karena harus bisa bersaing dengan lembaga sejenis lainnya.

Pendidikan Islam merupakan usaha mengubah tingkah laku dalam kehidupan, baik individu atau bermasyarakat serta berinteraksi dengan alam sekitar melalui proses berpendidikan berlandaskan nilai Islam. Pendidikan Islam ialah pendidikan yang teori-teorinya disusun berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits.

Perguruan tinggi agama Islam di Indonesia masih dianggap sebagai lembaga pendidikan yang menempati urutan terakhir setelah perguruan tinggi yang dimiliki kalangan non Islam. Kenyataan ini sungguh memprihatinkan terutama ditinjau dari perspektif umat Islam di Indonesia sebagai populasi terbesar di negeri khatulistiwa ini. Hal ini secara sepintas dapat dipahami bahwa umat Islam di Indonesia ternyata belum mampu mengembangkan perguruan tinggi Islam yang memiliki daya Tarik di masyarakat dan memiliki daya saing dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi maju, yang berada di dalam negeri maupun luar negeri.

Harapan kami agar para praktisi, akademisi serta lembaga-lembaga pendidikan Islam menyadari akan kekurangan, sehingga berupaya memperbaikinya agar tidak semakin jauh ketinggalan. Sebenarnya SDM, pendanaan serta sarana prasarana yang dimiliki oleh kalangan umat Islam cukup memadai untuk mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan Islam di Indonesia

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Sujalmo, C. (2020). Urgensi Perguruan Tinggi Dalam Perspektif Islam. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 10(1), 39-54. https://doi.org/10.56745/js.v10i1.18