Peningkatan Kemampuan Mengerjakan Soal Ceritas Siswa Kelas III Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Media Komik Edukatif di SDN Lubang Buaya 12 Pagi

Authors

  • Budi Lestari SDN Lubang Buaya 12 Pagi

DOI:

https://doi.org/10.56745/js.v2i1.11

Keywords:

Kemampuan, Soal Cerita, Media Komik, Edukatif, Matematika

Abstract

Matematika diharapkan dapat melatih siswa untuk memahami suatu masalah dan menentukan strategi pemecahan masalah sehari-hari. Namun, pada kenyataannya guru-guru mengeluhkan seringnya siswa-siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal matematika, terutama saat menghadapi soal cerita. (National Council Of Teacher of Mathematics, 1990:17). Hasil penelitian Priatna (1994) mengungkapkan bahwa kemampuan siswa kelas IV SD dalam menyelesaikan soal cerita dan mengambil langkah-langkah penyelesaian masih rendah, yaitu 50,26%. (Suwarjana, 1998:112).

Penggunaan media komik dalam pelajaran matematika dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan melatih siswa untuk berpikir sistematis. Hal ini berkaitan dengan sifat komik yang sederhana, jelas, mudah dipahami, dan lebih personal (Rohani, 1997:21).

Berdasarkan pertimbangan peneliti, banyak hal yang dapat diteliti dalam peningkatan kernampuan mengerjakan soal cerita siswa kelas III sekolah dasar. Peneliti membatasi penelitian ini pada peningkatan kemampuan mengerjakan soal cerita siswa kelas III sekolah dasar menggunakan media komik edukatif.

Downloads

Published

2020-07-16

How to Cite

Lestari, B. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengerjakan Soal Ceritas Siswa Kelas III Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Media Komik Edukatif di SDN Lubang Buaya 12 Pagi. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.56745/js.v2i1.11