Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Pembelajaran Matematika Dan Bahasa Indonesia Melalui Metode Bervariasi Di Kelas 1 SDN Lubang Buaya 02 Pagi
DOI:
https://doi.org/10.56745/js.v2i1.15Keywords:
Pemahaman Materi, Metode Bervariasi, Bahasa Indonesia, MatematikaAbstract
Mata pelajaran Matematika merupakan mata pelajaran yang kurang disenangi banyak siswa karena dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Persepsi negatif tentang matematika dalam benak siswa menjadi salah satu kendala yang menyebabkan rendahnya motivasi siswa untuk mengikuti pelajaran matematika. Tidak jauh berbeda dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang juga kurang disenangi karena sebagian besar siswa tidak suka membaca dan menulis. Laporan hasil perbaikan pembelajaran ini disusun berdasarkan catatan dan observasi penulis yang dibantu oleh teman sejawat sebagai pengamat serta memberi masukan / ide sebagai acuan. Dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran penulis melakukan untuk 6 siklus, yaitu : 3 siklus untuk mata pelajaran Matematika dan 3 siklus Bahasa Indonesia.
Dari masalah-masalah yang teridentifikasi penulis dengan dibantu teman sejawat menganalisis faktor penyebab timbulnya masalah-masalah yang terjadi selama pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia.